Follow by Email

Minggu, 15 Juli 2012

Kenapa Mandi di Bathtub?

Saya sudah beberapa kali menginap di hotel berbintang. Dan umumnya, di hotel berbintang kamar mandinya di lengkapi dengan bathtub. Disanalah penghuni hotel mandi, membersihan dirinya. Meski sudah beberapa kali menginap di hotel dan mencoba mandi di bathtub, saya masih tetap tidak mengerti apa sebenarnya kelebihan mandi di bathtub?

Setahu saya, tujuan mandi adalah untuk menyingkirkan segala kotoran dan peluh yang menempel di tubuh setelah berjam-jam beraktifitas. Selain itu, mandi juga bertujuan untuk menyegarkan badan. Logika saya berkata, kotoran dan peluh akan enyah dari tubuh kita apabila terkena air yang mengalir, air yang dibasuh.

Itu mengapa, sedari kecil kita dianjurkan untuk mandi menggunakan gayung atau timba. Dengan begitu kita bisa membasuh air dari atas hingga bagian bawah tubuh. Lantas kotoran akan terlepas dan ikut terbawa oleh air yang mengalir ke saluran air.

Tapi tampaknya logika itu tidak berlaku pada cara mandi dengan menggunakan bathtub. Kalau kita mandi di bathtub, sebelumnya kita menampung air hingga penuh. Setelah itu diberi cairan sabun hingga berbusa, lalu kita masuk ke dalamnya dan berendam.

Dengan cara ini, tidak ada air yang mengalir ketika kita mandi. Badan kita justru berada terus menerus dalam air yang sudah tercampur dengan segala kotoran yang menempel di tubuh kita.  Ini artinya, mandi di bathtub sama saja mendi dengan air kotor. Betul tidak?

Tapi ironisnya banyak orang yang menganggap mandi di bathtub jauh lebih berkelas daripada mandi di kamar mandi dengan menggunakan gayung. Hmm... sepertinya ada pola pikir yang harus diubah. Saya menyebut gejala ini sebagai sebuah sesat pikir.

Meski begitu, tidak sedikit orang yang rela membiarkan pikirannya tersesat hanya untuk prestise semata. Tidak sedikit juga orang yang membiarkan pikirannya tersasar hanya untuk memperoleh sensasi sesaat. Lucu, terkadang juga miris melihatnya.

Eh.. ngomong-ngomong bathtub saya sudah penuh nih. Mandi dulu ah :)


Yogyakarta, 15 Juli 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar