Follow by Email

Selasa, 21 Februari 2012

Nice Dream = Mimpi Indah

"They love me like I was a brother
They protect me, listen to me
They dug me my very own garden
Gave me sunshine, made me happy"

Begitu penggalan awal lirik lagu Radiohead yang berjudul "Nice Dream". Ini adalah salah satu lagu yang paling saya suka dari Radiohead. Entah apa maksud Thom Yorke (vokalis Radiohead) menulis lirik seperti itu. Sejak lagu ini dikeluarkan belasan tahun lalu, hingga kini saya masih bertanya-tanya, apa maksud dari kalimat itu. Saya coba menduganya.

"They love me like I was a brother. They protect me, listen to me,". Dalam kalimat ini si penulis seakan menggambarkan kalau dia sedang berada dalam sebuah keluarga atau komunitas yang asing. Tapi orang-orang asing tersebut justru memperlakukan dia seperti saudara sendiri. Disana dia dihargai, disana dia merasa ada, merasa aman, tidak merasa diserang, setiap kata-katanya didengarkan, tidak dibantah, apalagi disudutkan dan dihakimi.

Si penulis lirik merasa teduh ditengah orang-orang asing tersebut. Disana ia bebas berkreasi, ia bebas menjadi dirinya sendiri tanpa harus khawatir mendapatkan pandangan yang miring, tanpa takut dianggap nyeleneh, aneh dan bahkan sesat. Orang-orang tersebut baru mengenalnya sesaat. Tapi justru disana ia mendapatkan semua yang dibutuhkan dari sebuah keluarga. Ironis.

Kalimat kedua, "They dug me my very own garden. Gave me sunshine, made me happy". Masih dalam keluarga tersebut, si penulis merasa mendapatkan hidupnya kembali. Ketidaknyamanan yang ia rasakan bertahun-tahun sebelumnya, seketika hilang ketika ia bertemu dan masuk ke dalam lingkaran keluarga yang asing tersebut. Ibarat tumbuhan yang baru keluar dari dalam gua dan mendapatkan kembali sinar matahari. Kehidupan terasa tenteram, semua terasa menyenangkan.

Dan akhirnya "mimpi indah" (nice dream) tersebut ia dapati diluar tempat ia lahir dan tumbuh. Orang-orang asing itu kini menjadi keluarga dia yang sebenarnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar